Vote

Bagaimana pelayanan petugas kami saat anda mengajukan perkara ke Pengadilan ?
Total 81 Responden.
Terima Kasih atas partisipasi Anda

Link Website Terkait

PA KENDARI TUAN RUMAH DISKUSI HUKUM DAN BEDAH BERKAS PENGADILAN AGAMA WILAYAH DARATAN PTA SULTRA

Wed, 26-Jul-2017 16:02:49

 
Ketua PTA Sulawesi Tenggara Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH. tampil di podium membuka acara diskusi hukum dan bedah berkas pengadilan agama wilayah daratan (24/7/17)
 
Kendari ll pa-kendari. go.id
 
PA Kendari selaku tuan rumah, diskusi hukum dan bedah berkas Pengadilan Agama wilayah daratan lingkup PTA Sultra tahap II memilih Hotel Srikandi sebagai tempat kegiatan tersebut. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua PTA Sulawesi Tenggara Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH pada hari selasa (24/7/17) pukul 19.00 hingga  20.00 WITA.

Kegiatn ini diikuti oleh seluruh Tenaga Teknis  dari empat PA wilayah daratan lingkup PTA Sultra dan PTA Sultra, mulai dari Ketua,  Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti hingga Jurusita. Dalam Pembukaan turut hadir sejumlah tamu undangan sekaligus menjadi peserta diantaranya dari perwakilan Fakultas Syariah IAIN Kendari, perwakilan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sultra, Ikatan Notaris Indonesia Provinsi Sultra, perwakilan Ikatan Mubaligh Provinsi Sultra serta perwakilan Bank BRI Syariah Cabang Kendari. 

Koordinator wilayah, Drs. Akramuddin, M.H.  (Ketua PA Unaaha)  dalam Laporannya menyampaikan, bahwa diskusi hukum kali ini diikuti oleh 88 orang peserta dengan Rincian, 13 orang peserta dari PTA Sultra, 33 orang peserta dari PA Kendari, 19 orang peserta dari PA Kolaka, 13 orang peserta dari PA Unaaha, dan 10 orang peserta dari PA Andoolo.
 
Selaku Koordinator, Akramuddin mengucapkan terimakasih kepada Ketua PA Kendari beserta jajaran, selaku tuan rumah diskusi kali ini, meskipun kegiatan ini baru dirapatakan beberapa hari lalu mengenai pelaksanaan, namun kegiatan berjalan dengan baik.

Kegiatan diskusi kali ini merupakan diskusi kedua,  diskusi  sebelumnya dilaksanakan pada bulan Mei lalu dan  PA Unaaha sebagai tuan rumah. Akramuddin mengharapkan Diskusi hokum dan bedah berkas tahun ini bisa terlaksana selama tiga kali, dengan menunjuk PA Kolaka sebagai tuan rumah selanjutnya. “Untuk Diskusi hukum kali ini berfokus pada persoalan ekonomi syariah, Hal ini dimaksudkan agar kita semua paham mengenai permasalahan ekonomi syariah yang sudah menjadi kewenangan kita”, ujar Akramuddin.
 
Dalam sambutannya, Ketua PTA Sultra mengharapkan diskusi seperti ini harus terus dilakukan, karena lewat diskusi seperti ini bisa menambah wawasan, melatih menyampaikan pendapat dan menerima pendapat orang lain, karena diusia seperti kita memiliki banyak keterbatasan. Beliau juga menekankan kepada seluruh peserta untuk memahami dan belajar dengan baik mengenai masalah ekonomi syariah. 

Perkara ekonomi syariah diibaratkan sebagai “gadis cantik nan seksi yang menarik untuk dipalajari, oleh semua pemangku kepentingan,  Baik Pelaku Ekonomi Syariah,  Penegak hukum, akademisi dan praktisi di bidang ekonomi syariah”. Ekonomi Syariah adalah solusi mengatasi kesenjangan ekonomi global sambung Muslimin Simar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PTA Sultra mengajak seluruh peserta serta perwakilan Akademisi IAIN Kendari, MUI Sultra, Ikatan Mubaligh Sultra untuk bekerja sama, bahu membahu dalam mengembangkan eknomsi syariah,  Khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

 
Ekonomi syariah merupakan wewenang Pengadilan Agama seperti tercantum dalam Pasal 49 Undang Undang Nomor 3 Tahun 2006. Dan diperkuat dengan undang-undang no. 48 tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman mengenai Arbitrase Syariah. Meskipun awalnya wewenang ini masih sumir. Namun, dengan terbitnya Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 14 tahun 2016, maka perkara ekonomi syariah dan eksekusi putusan Badan Arbitrase Syariah Nasional menjadi wewenang penuh Pengadilan Agama. Undang-undang ini merupakan hadiah istimewa bagi lembaga peradilan agama dan seluruh umat islam indonesia”, jelas Muslimin Simar.
 
  
Wakil Ketua PTA  Sulawesi Tenggara H. Cholidul Azhar, SH., MH. (berdiri) saat memaparkan
materi ekonomi syariah kepada para peserta diskusi Hukum (24/7/17)
  
Nampak para peserta diskusi hukum sangat antusias menyimak materi yang di paparkan oleh Wakil Ketua PTA  Sultra (24/07/2017)
 
Pada akhir pembukaan, Ketua PA Kendari, Drs. Muh. Husain Shaleh, SH., MH. Mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari sesi pertama akan dilakukan diskusi hokum dengan Materi tenta ng Ekonomsi Syariah, yang akan dibawakan oleh  Wakil Ketua PTA Sultra, H. Cholidul Azhar, SH., MH. sebagai Pemateri dan Ketua PTA Sultra sebagai pengulas.
 
Muh. Husain Shaleh mengungkapkan alasannya mengangkat isu ekonomi syariah pada diskusi kali ini. Selain karena sedang menangani perkara ekonomi syariah dengan objek sengketa 1,6 M, alasan lainnya adalah agar seluruh peserta memahami persoalan ekonomi syariah. Disamping itu, pihaknya mengharapkan agar perekonomian berbasis syariah di Kendari berkembang pesat seperti di tempat lain.
 
Kegitan diskusi hokum malam ini akan berlangsung hingga pukul 23.00 WITA dan dilanjutkan Selasa (25/7/17) di tempat yang sama dengan materi bedah berkas dari PA Kolaka dan PA Andoolo. Rencananya, insya Allah besok pada pukul 14.00 WITA diskusi hukum dan bedah berkas pengadilan Agama wilayah daratan lingkup PTA Sultra akan ditutup oleh Wakil Ketua PTA Sultra. (admin)



Nama :
Email :
Komentar :