MEDIASI HADLANAH DAN NAFKAH ANAK KEMBALI BERHASIL DIDAMAIKAN DI PA KENDARI

Thu, 17-May-2018 09:28:12

 

Untuk kesekian kalinya, Hakim Pengadilan Agama Kendari berhasil melaksanakan mediasi dengan kesepakatan damai. Perkara kali ini adalah gugatan Hadlanah dan Nafkah Anak (hak asuh anak dan nafkah anak) dengan nomor register 0289/Pdt.G/2018/PA.Kdi.  Dengan Mediator Drs. H.M. Thahir HI Salim, M.H., hakim kelahiran Maluku Utara yang bertugas  di Pengadilan Agama Kendari sejak Maret 2016. Dalam penjelasannya, usai melakukan mediasi diruang Mediasi Pengadilan Agama Kendari pada Selasa (08/05/2018), ia menjelaskan proses mediasi hingga berakhir dengan perdamaian.
“Alhamdulillah, para pihak yang bersengketa sepakat untuk mengakhiri persengketaan dengan jalan damai, saya sebagai mediator tentu ikut senang melihat para pihak berhasil damai,” ujarnya.
Hakim yang menggandrungi olahraga tenis ini menjelaskan, hak asuh anak dan nafkah anak bisa diselaikan dengan melihat kronologi atau keadaan dari kedua orang tua anak tersebut yakni Penggugat dan Tergugat. Dengan melihat kondisi psikologis anak.
 “Dalam mediasi, Penggugat dan Tergugat sepakat mengakhirinya dengan kesepakatan damai,” dengan memberikan hak asuh anak kepada tergugat hingga usia 12 tahun, tambah hakim yang yang bersuara khas ini.
“Kalau hak anak cenderung lebih rumit karena menyangkut perasaan serta melihat kondisi kedua orang tua dan anak tersebut, yang penting bagaimana kita mampu mengelaborasi penawaran solusi dari masing-masing pihak sehingga bisa memunculkan win-win solution, artinya para pihak tidak ada yang merasa dirugikan, ” tutupnya. (nn

Nama :
Email :
Komentar :